PENGEMBANGAN E-MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE E DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Puspariyani, Aurelia Ratih and Handayani, Dewi and Amir, Hermansyah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE E DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Aurelia Ratih Full - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juli 2024 di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu, dengan subjek penelitian yaitu 31 peserta didik kelas XA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul dan respons peserta didik terhadap e-modul. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi pada tahap develop. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian ini diperoleh (1) tingkat kelayakan e-modul memiliki kategori sangat layak dengan skor 93,8%, (2) hasil uji respons peserta didik terhadap e-modul modul mendapatkan skor 88,1% dengan kategori sangat baik. E-modul yang dikembangkan ini bersifat fleksibel dimana dapat diakses dengan mudah menggunakan smartphone yang tersambung ke jaringan internet dimana saja dan kapan saja. E-modul ini juga dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok yang dilengkapi dengan penjelasan, gambar dan video. Hal ini berarti e-modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan baik untuk digunakan dalam kegiatan P5. Kata Kunci: E-modul, Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:23
Last Modified: 18 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22621

Actions (login required)

View Item View Item