PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Putri, Vina Atika and Handayani, Dewi and Elvia, Rina (2024) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Vina Atika Putri_A1F018039_compressed_compressed-dikompresi - Vina Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan aplikasi laboratorium virtual sebagai media alternatif untuk membantu pelaksanaan kegiatan praktikum, serta untuk mengukur keterampilan proses sains (KPS) peserta didik. Pengembangan laboratorium virtual menggunakan aplikasi Adobe Animate dengan model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada empat tahap yaitu Analisis (analysis), Perancangan (design), Pengembangan (development) dan Implementasi (Implementation). Penelitian dilakukan dari bulan Juni 2022 sampai bulan November 2023 dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 3 Kaur sebanyak 26 orang peserta didik yang diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh (1) tingkat kelayakan laboratorium virtual berdasarkan hasil validator pada aspek materi sebesar 89% dan aspek media sebesar 99% dengan kategori sangat valid; (2) respon peserta didik terhadap media laboratorium virtual sangat baik dengan persentase rata-rata dari aspek pengoperasian sebesar 87,5%, aspek penyajian sebesar 91,7%, dan aspek kebermanfaatan sebesar 89,4%; (3) hasil keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan pada setiap indikator dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,448 dan berada pada kategori sedang. Berdasarkah hasil penelitian menunjukan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan layak digunakan sebagai media alternatif dalam kegiatan praktikum, serta penggunaan laboratorium virtual yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci : laboratorium virtual, praktikum, keterampilan proses sains (KPS), larutan elektrolit dan non elektrolit, kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:23
Last Modified: 18 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item