PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMAN 6 KOTA BENGKULU

Krisdiantoro, Ade and Solikhin, Febrian and Handayani, Dewi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMAN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan aplikasi laboratorium virtual sebagai media alternatif)
Skripsi_Ade Krisdiantoro_A1F020025-dikompresidikompresi_compressed - Ade krisdiantoro.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan e�modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi hukum dasar kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan ditinjau oleh ahli, respons peserta didik, dan hasil implementasi terhadap e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemtation, Evaluation). Subjek uji respons peserta didik adalah peserta didik SMAN 6 Kota Bengkulu kelas X-K sebanyak 28 orang dan uji implementasi kelas X-H sebanyak 24 orang. Instrumen penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi dan angket respons peserta didik. Hasil penelitian e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi hukum dasar kimia dinyatakan sangat layak oleh validator ahli materi dan ahli media dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 3,83 dan 3,77. Respons peserta didik terhadap e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi hukum dasar kimia berada pada kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,30. Hasil implementasi e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi hukum dasar kimia mendapatkan persentase 78,35% yang termasuk ke dalam kriteria baik. Hasil penelitian yang didapatkan disimpulkan bahwa e�modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi hukum dasar kimia layak digunakan untuk pembelajaran dengan materi tersebut. Kata kunci: e-modul, pembelajaran berdiferensiasi, hukum dasar kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:23
Last Modified: 18 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item