PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI LIPID BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM)

Amanda, Tiara Dia and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI LIPID BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_TIARA DIA AMANDA - Tiara Dia Amanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-modul materi lipid berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, respons mahasiswa terhadap e�modul, dan rata- rata hasil belajar mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Pengembangan e-modul ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2024 di Universitas Bengkulu. Subjek penelitian adalah 12 orang mahasiswa Pendidikan Kimia semester VI (enam) untuk uji coba kelompok kecil serta 21 orang mahasiswa Pendidikan Kimia semester IV (empat) untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan mahasiswa, lembar validasi, angket respon mahasiswa, lembar pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan produk yang dikembangkan mendapatkan skor 84,8% yang termasuk pada kriteria sangat valid, serta respons mahasiswa termasuk dalam kriteria sangat baik dengan skor 90,4%. Hasil uji coba kelompok besar menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa terhadap penggunaan e-modul yang dikembangkan yang termasuk dalam kategori sedang dengan skor N-Gain rata-rata sebesar 0,52. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul materi lipid berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kata kunci: E-modul, STEM, Lipid

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:24
Last Modified: 18 Oct 2024 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item