PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) PADA TOPIK SAPONIFIKASI

Agustiningtias, Wardah Izzati and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) PADA TOPIK SAPONIFIKASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengembangkan penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada topik saponifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum elektronik yang layak, mengetahui respons mahasiswa dan mengetahui kemampuan psikomotorik mahasiswa saat menggunakan penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM. Pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan di Universitas Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 22 mahasiswa semester IV kelas B untuk uji coba skala kecil dan 21 mahasiswa semester IV kelas A untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi, angket respons mahasiswa dan lembar penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM yang dikembangkan layak digunakan dengan persentase kevalidan sebesar 87,8% dengan kriteria sangat valid (2) Respons mahasiswa terhadap penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM termasuk ke dalam kriteria sangat baik dari semua aspek dengan rata-rata persentase sebesar 93,1% (3) Hasil penilaian psikomotorik mahasiswa saat menggunakan penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM termasuk ke dalam kriteria sangat baik, dengan persentase 95,2% untuk tahap persiapan; 89,7% untuk tahap pelaksanaan dan 97,6% untuk tahap akhir, dengan persentase rata-rata sebesar 94,2%. Kata kunci : Penuntun praktikum elektronik, STEAM, Saponifikasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:24
Last Modified: 18 Oct 2024 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22631

Actions (login required)

View Item View Item