PENERAPAN E-MODUL HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Sari, Wydia Kelara and Handayani, Dewi and Amir, Hermansyah (2024) PENERAPAN E-MODUL HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Widya Kelara Sari_A1F017051_Skripsi - clara Wydia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui keefektifitasan penggunaan e-modul untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. E-modul ini diterapkan pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan adalah pra�eksperimen dengan rancangan one group pretest dan postest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu dengan sampel kelas Xl MIPA 3 yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 10 soal pilihan ganda dalam dua kali pertemuan dengan soal yang berbeda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data diuji dengan uji paired sample t-test dan nilai N-Gain. Dari pengujian sampel diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata N-Gain didapatkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan modul elektronik sebesar 66,36 sedangkan untuk nilairata�rata postest setelah menggunakan modul elektrokik sebesar 83,03 untuk indikator respon siswa sendiri cukup baik. Berdasarakan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul pada materi hidrokarbon terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Setelah Penerapan E-Modul Didalam Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:25
Last Modified: 29 Oct 2024 07:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item View Item