ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS

Erosman, Chandra and Siagian, Teddy Alfran and Hanifah, Hanifah (2024) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
A1C019045_Chandra Erosman_Skripsi-compressed - Chandra Erosman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan motivasi belajar peserta didik pada materi prisma dan limas, serta mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis dan tingkat motivasi belajar mereka terhadap materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kriteria pemilihan berdasarkan rata-rata nilai ujian akhir semester pada semester sebelumnya. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX.6 dan kelas IX.7 yang memiliki nilai hampir sama. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan motivasi belajar, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,620 yang berada pada tingkat hubungan kuat. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi prisma dan limas berada pada ketegori sedang. 3) Motivasi belajar peserta didik pada materi prisma dan limas berada pada ketegori sedang dengan nilai rata-rata 65,22. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:54
Last Modified: 18 Oct 2024 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22639

Actions (login required)

View Item View Item