Amalia, Irene Rosalina and Agustinsa, Ringki and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN TOPWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1C020042_Irene Rosalina Amalia - Irene Rosalina Amalia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penggunaan bahan ajar berbasis elektronik di sekolah, kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah, dan penggunaan bahan ajar yang masih menggunakan LKPD yang dijual oleh agen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning menggunakan TopWorksheets untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah design research dengan model development study yang dikembangkan oleh Tessmer yang memiliki dua tahapan yaitu, preliminary research dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, field test). Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Validasi E-LKPD dilakukan dengan empat orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bawah pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning termasuk dalam kategori valid berdasarkan 40 aspek penilaian teridiri dari 12 aspek penilaian materi, 7 aspek penilaian konstruksi, 6 aspek penilaian bahasa, dan 15 aspek penilaian media, sangat praktis berdasarkan 12 aspek penilaian praktis dengan rata-rata 87,08% dengan kriteria kepraktisan yaitu "sangat praktis”, memiliki efek potensial dari hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yang diperoleh 84% peserta didik tuntas secara klasikal dengan kriteria minimum 80% dari jumlah peserta didik memperoleh nilai ≥ 75 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika menggunakan N-Gain sebesar 0,77 berada pada kategori “tinggi”. Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Topworksheets, Kemampuan pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:33 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22642 |
Actions (login required)
View Item |