PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN TOPWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Amalia, Irene Rosalina and Agustinsa, Ringki and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN TOPWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C020042_Irene Rosalina Amalia - Irene Rosalina Amalia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penggunaan bahan ajar
berbasis elektronik di sekolah, kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang
masih rendah, dan penggunaan bahan ajar yang masih menggunakan LKPD yang
dijual oleh agen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD
Berbasis Problem Based Learning menggunakan TopWorksheets untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar
kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial.
Jenis penelitian ini adalah design research dengan model development study yang
dikembangkan oleh Tessmer yang memiliki dua tahapan yaitu, preliminary research
dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group,
field test). Instrument penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan
dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Validasi E-LKPD
dilakukan dengan empat orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bawah
pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning termasuk dalam kategori
valid berdasarkan 40 aspek penilaian teridiri dari 12 aspek penilaian materi, 7 aspek
penilaian konstruksi, 6 aspek penilaian bahasa, dan 15 aspek penilaian media,
sangat praktis berdasarkan 12 aspek penilaian praktis dengan rata-rata 87,08%
dengan kriteria kepraktisan yaitu "sangat praktis”, memiliki efek potensial dari hasil
ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yang diperoleh 84% peserta didik
tuntas secara klasikal dengan kriteria minimum 80% dari jumlah peserta didik
memperoleh nilai ≥ 75 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika
menggunakan N-Gain sebesar 0,77 berada pada kategori “tinggi”.
Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Topworksheets, Kemampuan
pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:33
Last Modified: 18 Oct 2024 04:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22642

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200