DESAIN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MTS TI PASAR KERKAP

Wulandari, Rizki Septiani and Muchlis, Effie Efrida and Utari, Tria (2024) DESAIN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MTS TI PASAR KERKAP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
A1C020051_Skripsi Rizki Septiani - Rizki Septiani Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intervensi LKPD berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan literasi matematis peserta didik MTS TI Pasar Kerkap dan untuk melihat Potensial Efektivitas LKPD berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan literasi matematis peserta didik MTS TI Pasar Kerkap. Penelitian ini adalah penelitian desain (design research) dengan tipe kajian validasi (validation study) dengan 3 tahapan yaitu preparing for the experiment (persiapan pengujian), design experiment (pengujian desain), dan retrospective analysis (analisis retrospektif). Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi, pedoman wawancara, dan tes uraian kemampuan pemecahan masalah dengan literasi matematis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi pada metode substitusi adalah penulis memberikan penjelasan pada tahap identifikasi masalah dan tahap verifikasi. Pada metode eliminasi diberikan penjelasan saat tahap mengeliminasi variabel supaya tidak tertukar. Pada metode campuran diberikan penjelasan tambahan pada tahap eliminasi. Potensial Efektivitas LKPD yang diberikan menunjukkan bahwa adanya pengaruh LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan literasi matematis peserta didik dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yang memperoleh kriteria tinggi dan sangat tinggi Kata kunci: LKPD, Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:33
Last Modified: 18 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22643

Actions (login required)

View Item View Item