PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS LEBONG UNTUK KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS X SMA

Vevryothama, Lucya Maharani and Maulidiya, Della and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS LEBONG UNTUK KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Lucya Maharani Vevryothama_A1C020007_Pendidikan Matematika_SKRIPSI. - Iqbal Martha Dimas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Mengembangkan bahan ajar yang inovatif adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) konteks Lebong untuk kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data kelas X SMA dan menentukan lintasan belajar siswa. Penelitian ini mengkombinasikan design research model Plomp dan Gravemeijer dengan tahapan, preliminary research, preparation for the experiment, prototyping, design experiment and assessment, serta retrospective analysis. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis RME konteks Lebong yang sangat valid setelah melakukan revisi pada 37 aspek berdasarkan komentar dan saran validator serta siswa di tahap one to one. LKPD ini berada pada kategori sangat praktis berdasarkan 13 aspek yang diisi oleh 34 siswa yang meliputi usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction dengan nilai rata - rata 4,99. LKPD ini dinilai sangat efektif berdasarkan skor rata – rata hasil pengerjaan soal siswa yaitu 85,72, ketuntasan belajar klasikal pada LKPD 1 dengan 29 dari 34 siswa berada pada kategori <Tuntas < dan LKPD 2 dengan 31 dari 34 siswa berada pada kategori <Tuntas= dan rata-rata nilai siswa pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematis written text, drawing, mathematical expression berada pada kategori minimal < Baik <. Lintasan belajar pada penelitian ini tidak mengalami kendala yang cukup berarti, siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan sesuai dengan prediksi. Pembelajaran menggunakan LKPD ini dapat menuntun siswa dalam memahami, menjelaskan, menyelesaikan, mendiskusikan dan menyimpulkan pembelajaran sesuai dengan harapan. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Konteks Lebong, LKPD, Realistic Mathematics Education.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item View Item