PENGEMBANGAN E-MODUL SEGIEMPAT BERBASIS DISCOVERY LEARNING DILENGKAPI VIDEO KONTEKS WISATA BENGKULU UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP

Gatara, Lutfiah Dwi and Maulidiya, Della and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SEGIEMPAT BERBASIS DISCOVERY LEARNING DILENGKAPI VIDEO KONTEKS WISATA BENGKULU UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Lutfiah Dwi Gatara_Skripsi New - Lutfiah Dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, khususnya pada materi geometri. Bahan ajar yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan dan menerapkan konsep secara mandiri menjadi salah satu penyebabnya, sehingga diperlukan inovasi yaitu e-modul segiempat berbasis discovery learning konteks wisata untuk kemampuan pemahaman konsep matematis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul segiempat berbasis discovery learning dilengkapi video konteks wisata Bengkulu untuk kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi segiempat kelas VII SMP memenuhi kriteria valid berdasarkan aspek isi, bahasa, penyajian dan media setelah beberapa revisi terkait tahapan discovery learning, penyesuaian contoh dan latihan soal, penggunaan bahasa yang tepat serta penyempurnaan visual dengan foto dan video berkualitas. E-modul juga praktis bagi siswa dan guru karena kemudahannya dalam proses pembelajaran dan tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna. E-modul efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yaitu 80% siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥75 dan penguasaan kemampuan pemahaman konsep per indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item