Anshori, Muhamad Irfan and Yensy, Nurul Astuty and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN EDFORM PADA MATERI PRISMA UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Muhamad Irfan Anshori Skripsi (1) - MUHAMAD IRFAN ANSHORI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (KPKM) pada materi geometri masih rendah terlihat dari survei Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) peserta didik SMP/ MTs se-Kota Bengkulu tahun 2020 sebesar 36,39%. Hal ini disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran yang dapat membimbing peserta didik untuk memahami konsep matematis. Salah satu upaya untuk meningkat KPKM geometri adalah melalui E-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan EdForm pada materi prisma untuk kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini adalah penelitian desain model Development Study dengan tahapan yaitu Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. E-LKPD yang dikembangkan disesuaikan dengan tahapan Discovery Learning yaitu Stimulasi, Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Pembuktian, Kesimpulan. Tahapan Discovery Learning juga disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lemmbar keterbacaan, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menghasilkan E-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan EdForm pada materi prisma untuk kemampuan pemahaman konsep matematis memenuhi kriteria Valid berdasarkan hasil perbaikan yaitu menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan peserta didik dan mudah dipahami, gambar yang digunakan yang disesuaikan dan memuat alokasi waktu yang jelas pada setiap langkah-langkah discovery learning. E-LKPD dikategorikan sangat praktis berdasarkan penilaian oleh pendidik dan peserta didik pada tahap small group setelah perbaikan berdasarkan pengerjaan E-LKPD dan uji coba pada satu kelas pada tahap field test yang cenderung sangat setuju. Potensi efektivitas E-LKPD untuk kemampuan pemahaman konsep berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yaitu 88,24 % peserta didik memperoleh nilai ≥ 70 dengan perolehan indikator KPKM paling tertinggi yaitu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu. Kata Kunci: Discovery Learning, EdForm, Development Study, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22659 |
Actions (login required)
View Item |