PENGEMBANGAN INSTRUMEN ELEKTRONIK BERBASIS MODEL ARCS DESIGN DAN ANDROID ISPRING SUITE UNTUK TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BARISAN DAN DERET DI SMA

Apriani, Mulya Sarti and Maulidiya, Della and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ELEKTRONIK BERBASIS MODEL ARCS DESIGN DAN ANDROID ISPRING SUITE UNTUK TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BARISAN DAN DERET DI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Mulya Sarti Apriani-A1C020003-Skripsi - Mulya Sarti Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen elektronik berbasis model ARCS design dan android isping suite untuk tes kemampuan pemahaman konsep barisan dan deret SMA yang memenuhi kriteria valid, memiliki butir soal yang layak, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Validasi produk dilakukan oleh dua validator untuk butir soal dan satu validator untuk media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen elektronik berbasis model ARCS design dan android isping suite termasuk dalam kategori: (1) Instrumen dinyatakan valid secara logis setelah melakukan perbaikan pada aspek materi berupa penghapusan dan modifikasi opsi pilihan jawaban butir soal yang sesuai dengan indikator, sementara pada aspek konstruksi perbaikan dilakukan dengan perbaikan kesalahan penulisan, meringkas petunjuk, menyesuaikan perintah pengerjaan, dan menghapus petunjuk yang tidak sesuai, (2) Instrumen tes memiliki butir soal yang layak dimana 20 soal dinyatakan valid dengan reliabilitas sangat tinggi, indeks kesukaran diperoleh tujuh soal mudah, sepuluh soal sedang, dan tiga soal sukar, daya pembeda terdapat sebelas soal kategori sedang dan sembilan soal kategori baik, serta pengecoh yang berfungsi dengan baik karena dipilih lebih dari 2% peserta tes, dan; (3) Instrumen dinyatakan sangat praktis berdasarkan empat aspek penilaian use questionnaire dengan rata-rata skor 85,99%. Kata kunci : Isping Suite, Kelayakan Butir Soal, Model ARCS Design Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item