PENGEMBANGAN LKPD PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRAUNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA

Utami, Pipit and Maulidiya, Della and Mukhlis, Effie Efrida (2024) PENGEMBANGAN LKPD PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRAUNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PIPIT UTAMI_A1C020052_SKRIPSI - Marsya 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik terutama pada materi turunan fungsi aljabar. Permasalahan berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara adalah pembelajaran yang masih bersifat teacher center dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga peneliti menyarankan solusi untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model Problem Based Learning menggunakan media Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intervensi LKPD PBL Berbantuan Geogebradalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah design research menggunakan metode combination development studies dan validation studies. Tahapan penelitiannya yaitu preliminary research, prototyping stage, design experiment dan retrospective analysis. Hasil analisis masalah dari tahap preliminary research dikembangkan pada tahap prototyping stage berupa Hypothetical Learning Trajectory (HLT). HLT merupakan rancangan dugaan awal alur pembelajaran yang selanjutnya diimplementasikan kedalam LKPD. Dilengkapi aplikasi Geogebra yang sudah dirancang. LKPD sudah dinyatakan valid hingga tahap one�to-one. Pada tahap design experiment terdapat dua siklus penelitian. Siklus pertama yaitu pilot experiment dengan subjek penelitian sembilan peserta didik berkemampuan berbeda (tinggi, sedang, rendah). Hasil analisis pada tahap ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan praktis berdasarkan wawancara dan observasi. Siklus kedua yaitu teaching experiment yang melibatkan kelas XI MIPA A sebanyak 32 peserta didik. Hasil analisis pada tahap ini menunjukkan bahwa penerapan intervensi LKPD PBL Berbantuan Geogebradapat membantu melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan LKPD yang valid dan Actual Learning Trajectory (ALT). ALT adalah alur pembelajaran sesungguhnya dari perbaikan pada HLT. Kata Kunci: Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item View Item