ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SEBAGAI HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Nurfadhillah, Alifah and Muchlis, Effie Efrida and Lestary, Ratnah (2024) ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SEBAGAI HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Revisi fikss bener-digabungkan-dikompresi - Alifah Nurfadhillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi literatur dan hasil wawancara dengan guru yang menunjukan banyaknya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan belajar siswa dalam materi persamaan kuadrat dan mengembangkan desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) untuk mengatasinya. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan dua kelompok subjek. Kelompok pertama terdiri dari siswa kelas XI Mipa F berjumlah 31 orang yang menjadi fokus analisis learning obstacle, sedangkan kelompok kedua terdiri dari siswa kelas Xk berjumlah 28 orang untuk menerapkan desain awal HLT pada materi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research (DDR) dengan metode kualitatif. Hasil analisis Learning Obstacle awal teridentifikasi terkait materi persamaan kuadrat adalah siswa masih salah saat menyelesaikan soal dengan memfaktorkan, masih salah dalam memasukan nilai koefisien x pada rumus kuadratik, salah dalam menyelesaikan soal rumus diskriminan, serta menentukan jenis akar persamaan kuadrat. Siswa salah dalam menyelesaikan soal rumus jumlah dan hasil kali akar�akar persamaan kuadrat serta kesulitan dalam melakukan operasi hitungnya, dan salah dalam menentukan persamaan kuadrat baru. Pada soal cerita penerapan persamaan kuadrat, siswa masih salah dalam menentukan hal yang diketahui, ditanya pada soal dan pemodelan persamaan kuadratnya. Desain awal dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berdasarkan learning obstacle yang ditemui pada siswa kelas XI SMAN 6 Kota Bengkulu berupa pembelajaran Cooperative Learning berbantuan LKPD yang terkategori sangat valid. Hasil penerapan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ini adalah siswa mampu mengatasi Learning Obstacle awal, namun belum dapat mengatasi kesulitan pada operasi pembagian bilangan bulat dalam mencari faktor-faktor persamaan kuadrat dengan kuadrat sempurna. Sehingga desain akhir Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ditambahkan materi prasyarat mengenai operasi pembagian bilangan bulat. Kata kunci: Didactical Design Research (DDR), Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22664

Actions (login required)

View Item View Item