PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Anugerah, Aisyah Firdah and Agustinsa, Ringki and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI A1C020060 AISYAH FIRDAH ANUGERAH - Aisyah Firdah Anugerah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan Disposisi Matematis siswa. Discovery learning telah diidentifikasi sebagai model pembelajaran yang mendorong eksplorasi aktif dan pemahaman mendalam, yang dapat mempengaruhi baik pemahaman konsep matematis maupun sikap siswa terhadap matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga didapatkan kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.6 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas ada 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t dua sampel independen. Pada uji-t untuk hasil Post-Test kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (α = 0,05) didapat nilai yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada uji-t untuk hasil angket disposisi matematis kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (α = 0,05) didapat nilai yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item