Nesta, Ridho Agio and Susanta, Agus and Haji, Saleh (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GEOGEBRA DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi Akhir Ridho Agio Nesta - Ridho Agio Nesta.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis GeoGebra dan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMPN 17 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan menggunakan tipe development studies yang terdiri atas tahap preliminary dan tahap prototyping dengan alur formative evaluation yaitu self evaluation, one to one, expert review, small group, dan field test. Instrumen penelitian terdiri atas angket dan lembar soal tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) LKPD berbasis GeoGebra dan Problem Based Learning valid berdasarkan hasil revisi melalui tahap expert review dan one to one; 2) LKPD berbasis GeoGebra dan Problem Based Learning praktis berdasarkan hasil revisi melalui tahap small group; 3) Keefektifan LKPD dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika terbukti dari peningkatan rata-rata nilai matematika dari tahun sebelumnya dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 89,28% peserta didik memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal ≥ 75. Kata kunci: Penelitian desain, Lembar Kerja Peserta Didik, GeoGebra, Problem Based Learning, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22670 |
Actions (login required)
View Item |