Agusti, Alya Silvianti and Maulidiya, Della and Agustinsa, Ringki (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PENYAJIAN DATA PADA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi Alya Silvianti Agusti_A1C020068_Pendidikan Matematika_compressed - Alya silvianti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD dilengkapi video animasi. Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengembangan LKPD berbasis PBL dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning Dilengkapi Video Animasi untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Penyajian Data Pada Kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian desain Pendidikan atau Educational Desain Research tipe Development Study yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, Preliminary Research (analisis kebutuhan), Prototyping Phase (pembuatan prototipe), dan Assessment Phase (fase penilaian). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara validasi, lembar kepraktisan dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD dinyatakan valid oleh validator berdasarkan empat aspek, yaitu isi, konstruk, bahasa, dan media, LKPD ini sangat praktis bagi siswa dan guru dengan skor rata-rata berturut-turut sebesar 86% dan 81%, LKPD memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan klasikal, di mana 80,77% siswa mencapai nilai tes diatas 75 dan karakteristik utama LKPD yang dikembangkan adalah penyusunan tahap-tahap PBL yang mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Penyajian Data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL Dilengkapi Video Animasi dapat menjadi alat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Video Animasi, Desain Pendidikan, Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22671 |
Actions (login required)
View Item |