PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 SELUMA

Pitriani, Lusi and Muchlis, Effie Efrida and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Bismilah Sidang Ya Allah. (Autosaved) - Lusi Pitriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kamampun literasi matematis kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma termasuk rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil tes awal literasi pada kelas VIII masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonquivalent Posttest-Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ialah VIII A dan VIII B yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling yang artinya teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, sampel tersebut terdiri dari pada jumlah seluruh kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes literasi matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest eksperimen di atas kriteria ketuntasan sedangkan posttest kelas kontrol di bawah kriteria ketuntasan, kemudian dilakukan uji mann whitney dan diperoleh nilai signifikansi kurang dari taraf atau , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma. Kata Kunci: Literasi Matematis, Problem Based Learning Dengan Flipped Classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item