PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENARIKAN KESIMPULAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA

Sari, Dina Manda and Rahimah, Dewi and Yensy, Nurul Astuty (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENARIKAN KESIMPULAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Dina Manda Sari A1C020034 (2) (2) - Dina Manda Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning dengan penarikan kesimpulan menggunakan Mind Mapping untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA yang memenuhi kategori valid, praktis, memenuhi potensial efektivitas, dan mengetahui kesulitan peserta didik dalam menggunakan LKPD. Jenis penelitian ini adalah Design Research tipe Development Studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan penarikan kesimpulan menggunakan Mind Mapping termasuk dalam kategori : (1) Valid setelah melalui perbaikan di tahapan expert review, yaitu dari aspek materi, aspek konstruk, dan aspek bahasa, serta keterbacaan pada tahap one to one, (2) Praktis berdasarkan lembar kepraktisan LKPD yang diujikan pada tahap small group, (3) Memiliki potensial efektivitas terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik, (4) Terdapat beberapa kesulitan peserta didik dalam penggunaan LKPD yaitu di antaranya peserta didik bingung dalam memahami permasalahan soal cerita, kurang memahami diagram pohon dalam menentukan himpunan kejadian, menentukan perhitungan frekuensi harapan, dan membedakan rumus peluang kejadian saling lepas maupun tidak saling lepas. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item View Item