PENGEMBANGAN MODUL MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BENTENG MARLBOROUGH UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Wati, Sari Rahma and Yensy, Nurul Astuty and Hanifah, Hanifah (2024) PENGEMBANGAN MODUL MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BENTENG MARLBOROUGH UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SARI_compressed_compressed - Irene Rosalina Amalia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di Indonesia tergolong masih rendah terlihat dari hasil PISA 2022 yang mengalami skor penurunan matematika sebesar 13 point. Hal ini disebabkan kurangnya inovasi bahan ajar, maupun model pembelajaran di sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah melalui Modul materi kubus dan balok Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks Benteng Marlborough yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian desain (Development Study) dengan menggunakan model pengembangan tipe formative research yang terdiri atas 2 tahapan utama, yaitu tahapan preliminary (tahapan persiapan) dan tahapan formative evaluation. Modul yang dikembangkan memuat lembar kerja yang disesuaikan dengan tahap PBL dan contoh soal pemecahan masalah menggunakan tahapan polya. Modul yang dikembangkan dinyatakan valid, sangat praktis, dan meimiliki efek potensial. Modul memiliki efek potensial dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80 %. Selain itu, Langkah-langkah pada modul dapat membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah materi kubus dan balok sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori tinggi pada setiap tahap kecuali tahap memeriksa kembali. Bagi peneliti yang akan mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning dengan konteks daerah, harus memperhatikan kejelasan penggunaan kalimat, penggunaan bahasa, dan penggunaan permasalahan yang sesuai dengan konteks daerah serta sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning, Konteks Benteng Marlborough, Pemecahan Masalah, Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22680

Actions (login required)

View Item View Item