PENGARUH PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM MUTIARA BINTANG KOTA BENGKULU

Anggraini, Mareta and Sofino, Sofino and Ismawati, Dwi (2024) PENGARUH PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM MUTIARA BINTANG KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MARETA ANGGRAINI A1J019038 - Mareta Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran podcast terhadap hasil belajar pada warga belajar di PKBM Mutiara Bintang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan eksperimen yaitu jenis quasi eksperimen dengan desain Pretest�Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah warga belajar pada program Pendidikan kesetaraan paket C . Sampel dipilih dengan menggunakan teknik menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes hasil belajar (kognitif) warga belajar program kesetaraan paket C. Teknik analisis data meliputi: (1) analisis deskriptif, (2) uji normalitas, (3) uji homogenitas dan uji hipotesis dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran podcast terhadap hasil belajar pada warga belajar di PKBM Mutiara Bintang. Hasil t-test memperlihatkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest pada warga belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran sosiologi dengan selisih rata-rata berkategori rendah yakni sebesar. 0,117 Sedangkan data hasil belajar pada warga belajar posttest membuktikan bahwa kedua kelas ini mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar, kelas kontrol dengan rata-rata 51,03 dan kelas eksperimen dengan ratarata 80,59 hal ini menunjukkan kelas kontrol berada pada kategori yang rendah, sedangkan hasilbelajar pada warga belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan kategori yang signifikan dengan kategori yang sangat tinggi. Data hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata hasil belajar antara warga belajar Berdasarkan hasil nilai rata-rata diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada warga belajar yang signifikan. Kata kunci: Media pembelajaran podcast, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:03
Last Modified: 22 Oct 2024 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item View Item