HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA PELATIHAN TARI TRADISIONAL DI SANGGAR DESA TUNGKAL 1 KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Ningsih, Tata Ardi and Sofino, Sofino and Hutauruk, Lenni Mantili (2024) HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA PELATIHAN TARI TRADISIONAL DI SANGGAR DESA TUNGKAL 1 KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi Tata Ardi Ningsih_A1j019008_pnf_fkip - tataardilah ningsih14.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara strategi pelatihan interaktif terhadap motivasi berprestasi pada peserta pelatihan tari tradisional di sanggar desa tungkal 1 Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden pada penelitian ini sebanyak 40 peserta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan analisis data menggunakan uji statistik dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara strategi pelatihan terhadap motivasi berprestasi peserta pelatihan Tari tradisional di sanggar Desa Tungkal 1 Kecamatan Pino Raya. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis H1 yang berbunyi terdapat hubungan antara strtegi pelatihan terhadap motivasi berprestasi peserta pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada hubungan antara strategi pelatihan dengan motivasi berprestasi terhadap peserta pelatihan seni tari tradisional di desa Tungkal I Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 87,70%. Penerapan strategi pembelajaran interaktif dalam konteks pelatihan tari tradisional dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi peserta untuk sukses. Hubungan pembelajaran interaktif yang diberikan memiliki dampak positif yang terhadap motivasi untuk dapat memacu prestasi para peserta pelatihan. Kata Kunci : Strategi, pelatihan,motivasi berprestasi, tari tradisional,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:03
Last Modified: 22 Oct 2024 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item