STRATEGI TUTOR DALAM PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP TERNAK BEBEK PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM WIRA BHAKTI KOTA BENGKULU

Utami, Gema Cahaya and Zulkarnain, Rufran and Hutauruk, Lenni Mantili (2024) STRATEGI TUTOR DALAM PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP TERNAK BEBEK PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM WIRA BHAKTI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_GEMA CAHAYA UTAMI_A1J019010 - Gema Cahaya Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi tutor dalam pembelajaran kecakapan hidup ternak bebek pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Wira Bhakti Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpul. Keabsaan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tutor dalam pembelajaran kecakapan hidup ternak bebek pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Wira Bhakti Kota Bengkulu adalah pertama, pada kegiatan pendahuluan tutor melakukan penjelasan tujuan pembelajaran dimulai membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, berdo`a, absen, appersepsi, kemudian penjelasan tujuan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Dan tutor melakukan appersepsi diawali salam, do`a, bertanya kabar, absen dan memberikan pertanya untuk mengulas pelajaran sebelumnya. Kedua, penyampaian materi dilakukan terurut dari teori ke praktik, ruang lingkup materi berdasarkan bahan ajar dari internet yang dibuat RPP, jenis materi yaitu pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, untuk melihat partisipasi peserta didik tutor memberikan latihan berupa praktik membuat pakan, memberi makan langsung ke kandang serta penetasan telur menggunakan mesin tetas. Tutor juga memberikan umpan balik berupa apresiasi verbal dan non-verbal. Keempat, tes yang dilakukan tutor yaitu pretest berupa pertanyaan lisan dan postets berupa pertanyaan lisan. Kelima, kegiatan lanjutan tutor tidak memberikan PR menimbang warga belajar yang hadir hanya sedikit, tutor melakukan penjelasan ulang materi yang belum dipahami warga belajar dengan metode ceramah, tutor mengarahkan warga belajar membaca kembali materi yang belum dipahami dan memberikan motivasi belajar hanya berupa ungkapan kata semangat atau ungkapan verbal. Kata kunci: strategi pembelajaran, kecakapan hidup, kesetaraan paket C, PKBM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:04
Last Modified: 22 Oct 2024 01:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item