PELAKSANAAN LITERASI PADA KEGIATAN MEMBUKA PEMBELAJARAN DI KELAS 5A SDN 71 KOTA BENGKULU

Andini, Anis Fahmi and Hasnawati, Hasnawati and Susanti, Atika (2024) PELAKSANAAN LITERASI PADA KEGIATAN MEMBUKA PEMBELAJARAN DI KELAS 5A SDN 71 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Anis Fahmi Andini_A1G019020_PGSD - Anis Fahmi Andini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas 5 A dan siswa kelas 5 A. Instrumen utama pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya yaitu lembar obserasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan mengggunakan triangulasi, member check dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yaitu (1) literasi menggunakan buku cerita dan teks bacaan yang beragam (2) strategi saat membaca dengan membaca dalam hati dan membaca bersama dengan salah seorang peserta didik membaca dan peserta didik yang lainnya menyimak, (3) guru dan peserta didik saat membaca, guru mengingatkan kepada peserta didik agar tidak menggerak-gerakkan mulutnya atau mengucapkan secara perlahan bacaannya, (4) tindak lanjut setelah membaca yaitu berupa kegiatan peserta didik mengajukan pertanyaan, guru mengajukan pertanyaan, membuat ringkasan bacaan, serta mempresentasikan hasil ringkasan dan (5) saran dan masukkan guru yaitu Saran yang disampaikan oleh guru yaitu agar peserta didik lebih rajin lagi untuk membaca, guru juga mengatakan pentingnya membaca untuk menambah pengetahuan dan masukkan yaitu supaya peserta didik lebih fokus saat membaca supaya memahami isi bacaan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelaksanaan literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 kota Bengkulu telah dilaksanakan dengan baik yaitu guru dan peserta didik telah terbiasa melakukan kegiatan literasi pada kegiatan awal pembelajaran. Kata Kunci :Pelaksanaan, Literasi, Membuka pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:05
Last Modified: 22 Oct 2024 01:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item View Item