Dani, Bayu Rangga and Yuliantini, Nani and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Bayu Rangga Dani PGSD (A1G020042) - Bayu rangga Dani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh 18 siswa kelas V SDN 17 sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas V SDN 25 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berbentuk uraian yang berjumlah 1 soal dengan menilai pada 5 indikator. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa diperoleh nilai sig (2- tailed) 0,023 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol akibat perlakuan yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Kata kunci : Lingkungan sumber belajar, karangan deskripsi, kemampuan menulis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:05 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22751 |
Actions (login required)
View Item |