Lorenza, Sovia and Dalifa, Dalifa and Agusdianita, Neza (2024) ANALISIS NILAI KEMANDIRIAN DALAM BUKU IPAS MATERI IPA PADA KURIKULUM MERDEKA FASE B. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Bebas Perpustakaan UNIB - Lorenza Sovia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sajian nilai kemandirian dalam buku panduan guru dan buku pegangan siswa mata pelajaran IPAS materi IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah buku panduan guru dan buku pegangan siswa pada mata pelajaran IPAS materi IPA kelas IV. Sedangkan Subjek pada penelitian ini adalah peneliti dan 2 orang rater. Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman analisis dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan analisis penilai (rater). Teknik analisis data yang digunakan ialah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)Kemunculan indikator pada aspek gaya sajian buku dan pola sajian buku. Pada gaya sajian buku panduan guru diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (25%), berani dalam bertindak (16,66%), kreatif (25%), percaya diri (8,33%), menemukan identitas dirinya (16,66%), dan dapat mengambil keputusan sendiri (8,33%). Pada aspek pola sajian buku panduan guru diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (21,15%), berani dalam bertindak (11,53%), kreatif (19,23%), percaya diri (26,92%), berkeinginan sesuatu tanpa bantuan orang lain (4%), menemukan identitas dirinya (2%), dapat mengambil keputusan sendiri (7,70%) dan memiliki daya tahan terhadap tantangan (7,70%). (2) Pada aspek pola sajian buku pegangan siswa diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (23,07%), memiliki daya tahan terhadap tantangan (9,62%), berani dalam bertindak (1,92%), kreatif (25%), percaya diri (26,92%), dan dapat mengambil keputusan sendiri (13,46%). Dapat disimpulkan bahwa nilai kemandirian muncul melalui indikator pekerja keras, kreatif, berani dalam bertindak, menemukan identitas dirinya, memiliki daya tahan terhadap tantangan, dapat mengambil keputusan sendiri, berkeinginan sesuatu tanpa bantuanorang lain dan percaya diri. Kata Kunci : Nilai Kemandirian, Buku Teks, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:05 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22755 |
Actions (login required)
View Item |