Tenama, Charles and Noperman, Feri and Tarmizi, Pebrian (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS III SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Charles_Tenama (A1G020115) (1) - Charles Tenama.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa melalui penerapan kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian Tindakan kelas Penelitian ini terdiri atas dua Siklus, dimana tiap Siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 3 SDN 01 Kota Bengkulu yang terdiri dari 25 siswa. Lembar penelitian ini berupa lembar observasi, wawancara dan tes.Teknik analisis Data observasi penerapan model kooperatif tipe jigsaw, data observasi hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai setiap kriteria. Data tes dianalisis dengan rata-rata nilai dan kriteria ketuntasan belajar klasikal. Hasil belajar siswa siklus I yaitu 49,32% kategori kurang meningkat pada siklus II yaitu 76,6% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 01 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22757 |
Actions (login required)
View Item |