IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 44 KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA GURU)

Sari, Desi Muntia and Parmadie, Bambang and Hasnawati, Hasnawati (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 44 KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA GURU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DESI MUNTIA SARI (A1G019017) - Desi Muntia Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

SDN 44 Kota Bengkulu merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 1 dan wali kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian tahap perencanaan satuan pendidikan sudah merencakanakan implementasi kurikulum merdeka dengan cukup baik. Akan tetapi pada penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar sedikit terlambat sehingga di awal semester guru masih menggunakan ATP dan modul ajar yang ada di platform merdeka mengajar tanpa memodifikasinya. Pemilihan tema kewirausahaan pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancaila (P5) di kelas 1 juga kurang sesuai karena kelas 1 belum mampu melaksanakan tema tersebut. Tahap pelaksanaan satuan pendidikan sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dan menerapkan dimensi profil pelajar pancasila didalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru menyesuaikan dengan tahap belajar peserta didik serta berkolaborasi bersama guru dan orangtua. Kekurangan pada tahap pelaksanaan guru belum melakukan kolaborasi dengan masyarakat/industri lainnya dalam kegiatan P5. Pada tahap evaluasi guru melakukan refleksi pada diri sendiri dengan melihat hasil belajar siswa. Guru juga dievaluasi oleh kepala sekolah untuk melihat kekurangan dan kendala yang perlu diperbaiki dari proses pembelajaran yang dilakukan guru. Kata Kunci : Kurikulum merdeka, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:06
Last Modified: 22 Oct 2024 01:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22760

Actions (login required)

View Item View Item