PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BENGKULU UTARA

Kusumaningtyas, Diah Ayu and Yuliantini, Nani and Agusdianita, Neza (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Diah Ayu Kusumaningtyas-A1G019011 (2) - diah ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model discovery learning berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 004 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 004 Bengkulu Utara. Jumlah siswa kelas VI yaitu 28 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 62,5 dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 76 dengan kategori sangat baik. Skor hasil aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 64,5 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai 75,5 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 79,29 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,71%, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan rata-rata sebesar 89,14 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 89,295% dengan kategori sangat baik. Mata pelajaran IPA siklus I nilai rata-rata sebesar 77,43 dengan ketuntasan belajar klasikal 64,29%, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPA sebesar 87,14 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran tematik menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 004 Bengkulu Utara. Kata kunci : Model Discovery Learning, Audiovisual, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:06
Last Modified: 22 Oct 2024 01:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22761

Actions (login required)

View Item View Item