Julianti, Eniza and Dalifa, Dalifa and Yuliantini, Nani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGEI GUGUS 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Eniza Julianti (A1G020054) bebas perpus unib - Eniza Julianti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Assemblr Edu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri Gugus i Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Gugus I Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 24 siswa kelas III SDN 06 sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa kelas III SDN 26 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian berjumalh 8 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangusng pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. dari hasil penelitian uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi Assemblr Edu terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri Gugus I Kota bengkulu. Kata kunci : Model Pembelajaran PBL, Aplikasi Assemblr Edu, Berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22767 |
Actions (login required)
View Item |