Kurniasari, Herlin and Dalifa, Dalifa and Susanti, Atika (2024) PENGARUH MEDIA 3D FOLDING PAPER CRAFTS TERHADAP HASIL BELAJAR TOPIK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR SISWA KELAS V GUGUS VIII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Herlin Kurniasari (A1G020047) bebas perpus unib - Herlin Kurniasari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media 3D folding paper crafts terhadap hasil belajar topik pembelajaran siklus air siswa kelas V gugus VIII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasy experimentt dan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V gugus VIII Kota Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V SDN 34 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SDN 36 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui cluster random sampling. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan post-test yang dirancang dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 10 soal. Hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed= 2.799 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.008 serta nilai distribusi ttabel adalah 2.069, sehingga thitung> ttabel (2.799 > 2.069) dan Sig.(2-tailed) 0.008< 0.05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media 3D folding paper crafts terhadap hasil belajar aspek pengetahuan pada topik pembelajaran siklus air siswa kelas V gugus VIII Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil belajar, Media 3D folding paper crafts, Topik pembelajaran siklus air
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22772 |
Actions (login required)
View Item |