ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2A SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Riska and Agusdianita, Neza and Dalifa, Dalifa (2024) ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2A SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ilovepdf_merged (6) - Riska Pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan culturally responsive teaching pada perencanaan pembelajaran matematika di kelas 2 A SDN 44 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2 A di SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu human instrument (peneliti itu sendiri) dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu : perencanaan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran matematika yang telah dibuat oleh wali kelas 2 A SD Negeri 44 Kota Bengkulu terdapat pendekatan Culturally Responsive Teaching. Hal tersebut dilihat pada komponen inti modul ajar yang telah dibuat dengan mengintegrasikan materi bangun ruang dengan budaya. Budaya yang diintegrasikan dengan pembelajaran matematika materi bangun ruang adalah budaya tabot dari Kota Bengkulu. Pada komponen inti modul ajar juga terdapat langkah-langkah Culturally Responsive teaching yang di antaranya pada tujuan pembelajaran terdapat komponen pemahaman budaya, pada asesmen (LKPD & Soal Evaluasi) terdapat komponen pemahaman budaya, kalaborasi dalam kelompok untuk membahas konsep budaya, dan konstruksi transpormatif, pada pemahaman bermakna terdapat komponen pemahaman budaya, pada pertanyaan pamantik terdapat komponen identitas siswa dan pemahaman bermakna, dan yang terakhir pada kegiatan pembelajaran terdapat komponen identitas siswa, pemahaman budaya, kalaborasi dalam kelompok untuk membahas konsep budaya, berfikir kritis untuk refleksi dan konstruksi transformatif. Kata Kunci :Culturally Responsive Teaching, Perencanaan Pembelajaran, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:07
Last Modified: 22 Oct 2024 01:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22774

Actions (login required)

View Item View Item