ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU

Putri, Nabila Alia and Agusdianita, Neza and Susanti, Atika (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Nabila Alia Putri_A1G020011_UNIB-1 - Nabila Alia putri.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan implementasi pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas V. Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri dengan menggunakan lembar observasi, lembaran wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa rangkaian pendekatan berdiferensiasi sudah dijalankan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, dimulai dari perencanaan mengenai pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik dan melakukan rancangkan kegiatan pembelajaran yaitu menyusun modul ajar. Pelaksanaan pendekatan berdiferensiasi yang meliputi 4 elemen yaitu konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Implementasi pendekatan berdiferensiasi memberikan guru mempertimbangkan kebutuhan individual siswa dengan memperhatikan gaya belajar yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan pemaparan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa tahapan yang harus dipenuhi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yaitu dimulai dari pemetaan kebutuhan siswa melalui asesmen diagnostik, hasil pemetaan, merancang perencanaan pembelajaran yaitu modul ajar dan melakukan evalusi dan refleksi. Pelaksanaan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan 4 komponen, yaitu: konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan mempertihatikan gaya belajar sesuai dengan kebutuhan siswa, pendekatan ini sudah berjalan dengan pendekatan berdiferensiasi. Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:08
Last Modified: 22 Oct 2024 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22778

Actions (login required)

View Item View Item