Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Grosir&Eceran (Studi Kasus: Konsumen Yang Berbelanja di Toko Extra Centre Bengkulu)

Firdaus, Herman and Seprianti, Eka Putri (2009) Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Grosir&Eceran (Studi Kasus: Konsumen Yang Berbelanja di Toko Extra Centre Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
DEDEN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (923kB)

Abstract

Pembelian tidak terencana dalam toko Grosir dan Eceran merupakan salah satu faktor perhatian para pemasar atau produsen. Banyak perusahaan menghabiskan sejumlah besar sumber dayanya untuk melakukan iklan (advertising) produk dengan merek tertentu untuk meraih pelanggan. Usaha ini dilakukan dalam meningkatkan pengenalan produk, melakukan percobaan pasar, dan meningkatkan pangsa pasar. Pengetahuan tentang pelanggan merupakan kunci dalam merencanakan suatu strategi pemasaran yang baik. Pelanggan dapat menjadi asset perusahaan yang paling berharga, sehingga perusahaan perlu untuk menciptakan sekaligus menjaga ekuitas tersebut Penelitian pembelian tidak terencana pada toko Extra Centre dilihat dari respons pelanggan terhadap lingkungan berbelanja sebagai stimulus, suatu studi kasus pada 230 pelanggan toko Extra Centre Bengkulu. Variabel respons lingkungan belanja, yang terdiri dari pleasure, arousal, dan dominance (PAD). Penelitian ini menggunakan variabel pengalaman belanja hedonic shopping value, resources expenditure, dan utilitarian shopping value sebagai mediator respons lingkungan belanja terhadap pembelian tidak terencana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; variabel respons lingkungan belanja dominance berpengaruh negatif terhadap pembelian tidak terencana. Terungkap juga bahwa variabel pengalaman belanja resources expenditure merupakan variabel mediator antara respons lingkungan belanja dan variabel pengalaman belanja lainnya, berpengaruh negatip terhadap pembelian tidak terencana. Metode pengambilan sampel adalah accidental, dengan 230 orang responden. Metode analisis yang digunakan untuk menguji konstruk adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM). Ukuran uji kesesuaian dalam SEM yaitu dengan mengukur nilai dari Chi-Square, RMSEA, GFI, AGFI, NNFI dan NFI.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 28 Nov 2013 23:45
Last Modified: 28 Nov 2013 23:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item