STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR PADA KEGIATAN MUSIKALISASI PUISI (P5) SDN 17 KOTA BENGKULU

Barus, Isma Ipanka Br and Dalifa, Dalifa and Lusa, Herman (2024) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR PADA KEGIATAN MUSIKALISASI PUISI (P5) SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Isma Ipanka Br Barus-A1G020035-UNIB - Isma Ipanka Br Barus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator pada kegiatan musikalisasi puisi (P5) di SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang membina kegiatan musikalisasi puisi SDN 17 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan perannya sebagai motivator dengan 1. Bersikap terbuka, dilakukan dengan mendorong siswa mengungkapkan pendapat, menanggapi pendapat siswa dengan positif, menerima kekurangan dan kelebihan siswa, dan menunjukkan sikap ramah dan penuh perhatian, 2.Guru membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya yang dilakukan guru dengan membantu menemukan potensinya, setelah menemeukan potensinya guru membantu siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya,3. Guru menciptakan hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar di kelas, menunjukkan kegairahan dalam belajar, murah senyum, mampu mengendalikan emosi, bersifat proporsional . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivator dengan bersikap terbuka, membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal, menciptakan hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar sudah terlihat dilakukan oleh guru. Kata Kunci: Guru, Motivator

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:09
Last Modified: 22 Oct 2024 01:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item