PENGARUH BAHAN AJAR BERMUATAN QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS V KOTA BENGKULU

Tamira, Laila and Noperman, Feri and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH BAHAN AJAR BERMUATAN QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS V KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI LAILA TAMIRA A1G020096 - Laila Tamira.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar bermuatan QR Code terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experiment). Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Gugus V Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV di SDN 09 dan SDN 02 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 butir soal yang diberikan kepada siswa melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil posttest dengan thitung (2,343) > ttabel (2,009) dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen sebesar 51,15 dan pada kelompok kontrol sebesar 44,22. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 64,23 dan pada kelompok kontrol sebesar 55,00. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh bahan ajar bermuatan QR Code terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. Kata Kunci: Bahan Ajar, QR Code, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:09
Last Modified: 22 Oct 2024 01:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item View Item