Sari, Miranti Yonica and Yuliantini, Nani and Lusa, Herman (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MIRANTI YONICA SARI_A1G020162-1_compressed - Artika Fitri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) terhadap hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN gugus XV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment). Dengan desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus XV Kota Bengkulu. Dengan sampelnya adalah kelas VA SDN 101 Kota Bengkulu dan VB SDN 74 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda berupa Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh Sig. (2- tailed) = 0,000 < 0.05) dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,20 dan kelas kontrol sebesar 54,81 dengan perbedaan nilai rata-rata 22,39. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN gugus XV Kota Bengkulu. Kata kunci: Metode SQ3R, Hasil Belajar, Pengaruh Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22799 |
Actions (login required)
View Item |