PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU

Utami, Reka Elsadila and Lusa, Herman and Kurniawati, Ike (2024) PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI REKA ELSADILA UTAMI (UNIB) - Reka Elsadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment) dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas V SDN 35 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek kognitif (pengetahuan) berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai Sig. (2- tailed) bernilai 0,044 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-rata posttest pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (68,92) dan kelas kontrol (59,25). Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dikarenakan adanya perlakuan yang berbeda pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberi pembelajaran menggunakan media kotak kartu misterius (kokami) sedangkan kelompok kontrol hanya menggunakan kertas soal. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN gugus XII Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Media Kokami

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 22 Oct 2024 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item View Item