Shintia, Sheni and Agusdianita, Neza and Kurniawati, Ike (2024) PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SHENI SHINTIA A1G020073 - Sheni Shintia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode eksperimen (Quasi Experimental Design)dan desain penelitian yaitu the matching only posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di SDN 03 Kota Bengkulu, dengan sampel penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan posttest berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas serta uji homogenitas) dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 75,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,60. Hasil uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal, serta hasil uji homogenitas memiliki varian yang homogen, dan hasil dari uji-t diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Berdiferensiasi, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22806 |
Actions (login required)
View Item |