ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Rejeki, Yupita Tri and Agusdianita, Neza and Kurniawati, Ike (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YUPITA TRI REJEKI_A1G020079 - yupita trirejeki.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan desain survei. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu, dan pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling yaitu sebanyak 8 siswa pada setiap SDN 03, SDN 17, SDN 25, SDN 48, SDN 57 Kota Bengkulu, jumlah sampelnya yaitu sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian berjumlah 3 soal. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada setiap indikator siswa paling banyak memperoleh skor 2. Pada indikator pertama rata-rata skor siswa 2,02, indikator kedua rata-rata skor siswa 1,92 dan indikator ketiga skor rata-rata siswa 1,45. Kemampuan Literasi Numerasi siswa dilihat dari rata-rata hasil tes siswa yaitu 59,16 berada pada kategori sedang. Hal ini terlihat pada hasil tes yang telah diberikan kepada siswa. Walaupun kemampuan literasi numerasi siswa sudah berada pada kategori sedang, siswa masih perlu meningkatkan lagi kemampuan literasi numerasinya. Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item