DESKRIPSI SIKAP SOPAN SANTUN SISWA YANG MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM DI KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Sugiarto, Charistheo and Dalifa, Dalifa and Yuliantini, Nani (2024) DESKRIPSI SIKAP SOPAN SANTUN SISWA YANG MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM DI KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_Charistheo Sugiarto_A1G020133 - Charistheo Sugiarto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap sopan santun siswa yang menggunakan aplikasi instagram di kelas V SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang menggunakan aplikasi instagram di kelas V SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Instrumen pada penelitian ini yaitu menggunakan instrumen lembar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verivication data). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sikap sopan santun siswa kelas V di SD Negeri 16 Kota Bengkulu yang menggunakan aplikasi instagram memiliki sikap yang sopan seperti bersikap kepada orang yang lebih tua, saling tolong menolong antar sesama, memiliki kepedulian terhadap sekitarnya, memberikan salam kepada orang yang lebih tua, selalu menggunakan tangan kanan dan berbicara yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu sikap sopan santun siswa terbentuk dari lingkungan sosialnya, lingkungan sekitarnya dan lingkungan keluarganya, dari penelitian yang telah dilakukan aplikasi instagram membantu membentuk sikap sopan siswa pada aspek saling tolong menolong dan kepedulian terhadap sekitarnya, lewat yang ditampilkan di instagram siswa mencontohkan konnten yang dilihatnya di instagram Kata kunci: Sikap siswa, Sopan santun, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22816

Actions (login required)

View Item View Item