PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PLICKERS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Setiawan, Yuan and Agusdianita, Neza and Lusa, Herman (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PLICKERS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_YUAN SETIAWAN_A1G020034 - Yuan Setiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Team Games Tournament berbantuan media Plickers, dan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian dialaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Seberang Musi. Penelitian ini berjenis tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan model spiral yang membentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN 02 Seberang Musi dan Objek pada penelitian ini adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Teknik berupa penskoran yang akan diambil dan diisikan pada tabel dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menemukan rata-rata, dan persentase peningkatan. Pada siklus I, observasi penerapan model TGT memperoleh skor 67 pada kategori cukup, dan skor angket minat belajarsiswa mendapat skor rata-rata 47,9, kemudian dilaksanakan refleksi tindakan setelah siklus. Tindakan dilanjutkan pada siklus II, hasil observasi penerapan model TGT memperoleh peningkatan dengan skor 87 pada kategori baik, selain itu hasil angket minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan skor 64,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media aplikasi Plickers dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika di kelas IV SDN 02 Seberang Musi. Kata Kunci: Team Games Tournament, Plickers, Minat Belajar Siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Team Games Tournament berbantuan media Plickers, dan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian dialaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Seberang Musi. Penelitian ini berjenis tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan model spiral yang membentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN 02 Seberang Musi dan Objek pada penelitian ini adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Teknik berupa penskoran yang akan diambil dan diisikan pada tabel dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menemukan rata-rata, dan persentase peningkatan. Pada siklus I, observasi penerapan model TGT memperoleh skor 67 pada kategori cukup, dan skor angket minat belajarsiswa mendapat skor rata-rata 47,9, kemudian dilaksanakan refleksi tindakan setelah siklus. Tindakan dilanjutkan pada siklus II, hasil observasi penerapan model TGT memperoleh peningkatan dengan skor 87 pada kategori baik, selain itu hasil angket minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan skor 64,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media aplikasi Plickers dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata Pelajaran matematika di kelas IV SDN 02 Seberang Musi. Kata Kunci: Team Games Tournament, Plickers, Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item View Item