PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 09 BERMANI ILIR

Apriani, Syntia and Juarsa, Osa and Alexon, Alexon (2024) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 09 BERMANI ILIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Syntia Apriani-A1G019039 - diah ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan Ice Breaking dan menganalisis peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik SDN 09 Bermani Ilir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 09 Bermani Ilir. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, lembar tes, dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata – rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Sedangkan data angket motivasi belajar dianalisis dengan menentukan skor maksimal dan skor minimalnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata – rata sebesar 57,55 dengan kategori tinggi dan pada siklus II diperoleh rata – rata sebesar 62,4 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk rata – rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siklus I memperoleh nilai rata – rata 78,15 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,68%. Pada siklus II mata pelajaran IPS memperoleh nilai rata – rata 85 dengan ketuntasan belajar klasikal 94,73%. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh nilai rata – rata 71,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,68%. Pada siklus II mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata – rata 79,47 dengan ketuntasan belajar klasikal 89,47%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan Ice Breaking dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 09 Bermani Ilir. Kata kunci : Kooperatif Tipe Make a Match, Ice Breaking, Motivasi, Prestasi, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22830

Actions (login required)

View Item View Item