Gaol, Yohana Wiwin Lumban and Tarmizi, Pebrian and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF TEKNIK BERMAIN ALAT MUSIK RECORDER PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Yohana Wiwin LG_A1G0200072 - Yohana Wiwin.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik bermain siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu dalam memainkan alat musik recorder. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 7 orang siswa, di mana tujuh orang diantarnya merupakan siswa yang memainkan alat musik recorder yang diteliti oleh peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk deskripsi, hasil penelitian dari 7 siswa yang menjadi sampel penelitian dalam memainkan alat musik recorder menunjukkan bahwa 5 diantaranya telah menguasai teknik bermain pada alat musik recorder dimulai dari penjarian, nada tinggi pada recorder, posisi kepala, bahu, dada, dan kedua belah siku, sumber tiupan, memasukkan kepala recorder kebibir, serta teknik pernafasan. Kelima siswa tersebut dapat dikatakan sudah menguasai teknik bermain pada alat musik recorder. sedangkan 2 siswa lainnya belum menguasai teknik bermain pada alat musik recorder. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan teknik bermain siswa pada alat musik recorder yang meliputi teknik penjarian, nada tinggi pada recorder, posisi kepala, bahu, dada, dan kedua belah siku, sumber tiupan, memasukkan kepala recorder kebibir, serta teknik pernafasan dari kedelapan indikator teknik bermain alat musik recorder 5 siswa sudah menguasai tekniik bermain alat musik recorder, sedangkan 2 siswa lainnya belum menguasai teknik bermain alat musik recorder yang dimana dalam teknik penjarian ke-2 siswa masih terlihat kaku dan juga dalam teknik pernafasannya masih terputus-putus sehingga suara yang dihasilkan false atau sumbang. Kata Kunci: Teknik Bermain, Notasi, Recorder.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22837 |
Actions (login required)
View Item |