Ansari, Ahmad and Sarwit, Sarwono and Arono, Arono (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS PEMBELAJARAN KOLABORATIF. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (THESIS)
Ahmad Ansari_A2A021002 - AHMAD ANSARI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Pembelajaran Kolaboratif untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 47 Batam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbasis pembelajaran kolaboratif pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Batam. 2) Menjelaskan secara deskriptif kuantitatif mengenai hasil validasi dari ahli dan pengguna bahan ajar menulis puisi berbasis pembelajarn kolaboratif yang dikembangkan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Batam. 3) Mengetahui kelayakan bahan ajar menulis puisi berbasis pembelajaran kolaboratif yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Implementasi dilakukan terbatas pada satu kelas di SMP. Hasil penelitian ini adalah sebuah bahan ajar menulis berbasis pembelajaran kolaboratif. Bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan layak berdasarkan tiga kriteria: valid, bahan ajar dinyatakan valid oleh empat orang ahli dan 10 orang pengguna. Praktis, bahan ajar dinyatakan praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran. Efektif, bahan ajar dinyatakan efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Bahan Ajar, Menulis Puisi, Pembelajaran kolaboratif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22841 |
Actions (login required)
View Item |