PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE KOLABORATIF SISWA KELAS VII.9 SMP NEGERI 11 BATAM

Evawati, Neli and Gumono, Gumono and Noermanzah, Noermanzah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN METODE KOLABORATIF SISWA KELAS VII.9 SMP NEGERI 11 BATAM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
NELI EVAWATI_A2A021012 - AHMAD ANSARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik masik kesulitan dalam menuangkan informasi dalam bentuk tulisan teks berita. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis berita yaitu dengan diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dengan metode kolaborasi siswa kelas 7.9 SMP Negeri 11 Batam. Untuk itu, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan Kemampuan menulis teks berita. Kemampuan menulis merupakan kompetensi yang harus dikuasi oleh siswa baik teks berbentuk esai maupun monolog sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompotensi siswa menulis teks sederhana berbentuk teks berita melalui implementasi pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di Kota Batam dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang dari kelas VII. 9 SMP Negeri 11 Batam. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (a classroom action research). Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui total nilai, rata-rata nilai, dan peningkatan nilai dari masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif pada siklus I sebesar 61,20 dengan persentasi ketuntasan 62,50%. 2) Hasil belajar siswa melalui implementasi pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif pada siklus II sebesar 85,66 dengan persentasi ketuntasan 97,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdifrensiasi berbasis model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi siswa menulis teks berbentuk teks berita. Kata kunci: implementasi, pembelajaran berdifrensiasi, pembelajaran kolaboratif, kompetensi menulis, teks berita

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:10
Last Modified: 22 Oct 2024 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22846

Actions (login required)

View Item View Item