PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LAMBANG BESERTA ARTINYA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK (BERPIKIR), TALK (BERBICARA), WRITE ( MENULIS) SISWA KELAS III SDN 158 SELUMA

Febrianti, Nurhidayatuf and Trianto, Agus and Noermanzah, Noermanzah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LAMBANG BESERTA ARTINYA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK (BERPIKIR), TALK (BERBICARA), WRITE ( MENULIS) SISWA KELAS III SDN 158 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
nurhidayatuf febrianti - Ongky Gusfika, M.Pd..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: mendeskripsikan proses dan kemampuan anak dalam mengidentifikasi lambang beserta artinya menggunakan strategi tink (berpikir), talk (berbicara), write (menulis). Metode penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) peneliti bertindak langsung sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengunakan strategi TTW yaitu pada tahap tink tentang gambar-gambar simbol yang ada di buku, kemudian pada tahap talk siswa di minta untuk melakukan komunikasi kepada rekan kelompok untuk mencari solusi atau jawaban dari hasil pemikiran siswa, pada tahap write siswa menulis hasil dari diskusi siswa.pada siklus 1 pembelajaran mengidentifikasi lambang beserta artinya ini masih jarang diterapkan terutama dengan menggunakan strategi TTW. Siswa memperoleh hasil menulis teks mengidentifikasi lambang beserta artinya yang kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya siswa kurang aktif dalam proses mengamati dan mengidentifikasi lambang beserta artinya dengan rata nilai 69,00 sehingga perlu melakukan perbaikan pada silkus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 72,00. Hal ini mengidikasi bahwa kemampuan anak dalam mengidentifikasi kemampuan menulis siswa berada dalam kategori baik pada rentang nilai70-79 dengan katagori baik Kata kunci: Kemampuan Mengidentifikasi Lambang, Strategi Think, Talk, dan Write.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:10
Last Modified: 22 Oct 2024 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item