PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Irahayu, Wiwin and Trianto, Agus and Yulistio, Didi (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS FULL - PERPUS-BEBAS PRPUS-compressed - WIWIN IRAHAYU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk rencana pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berupa tahapan-tahapan pembelajaran berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menjelaskan analisis kebutuhan model pembelajaran menulis cerpen di kelas IX SMPIT Darussalam 01 Batam. 2) Menjelaskan desain pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berbasis Project Based Learning bagi peserta didik kelas IX. 3) Menguji kelayakan kelayakan pengembangan pembelajaran menulis cerpen berbasis pembelajaran Project Based Learning di kelas IX SMPIT Darussalam 01 4) Implementasi pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen berbasis project based learning di kelas IX SMPIT Darussalam 01 Batam. 5) Menguji efektifitas pengembangan rencana menulis cerpen berbasis project based learning di SMPIT Darussalam 01 Batam. penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan dari R&D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli praktik, dan siswa kelas IX SMPIT Darussalam 01 Batam. Hasil validasi dari ahli desain dalam pengembangan pembelajaran mnulis cerpen berbasis Project Based Learning pada siswa kelas IX SMP menunjukkan bahwa kelayakan tahapan-tapan pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil rata-rata 91,30% dengan kategori “Sangat Layak”, uji ahli praktik pembelajaran diperoleh skor 89,23% dengan kategori “Sangat Layak”, Uji kelayakan terlihat dari kemampuan menulis peserta didik pada kelas IX di SMPIT Darussalam 01 Batam didapat skor rata-rata 85,06% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, pembelajaran menulis cerpen berbasis Project Based Learning berupa tahapan-tahapan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan efektif di gunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Menulis,Cerpen, PjBL

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:59
Last Modified: 22 Oct 2024 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22851

Actions (login required)

View Item View Item